Friday, March 18, 2011

Mimpiku di KAUST

Apa itu KAUST ?

KAUST (King Abdullah University Science and Technology) adalah salah satu universitas terbesar di Arab Saudi. Universitas ini bergerak di bidang sains yang memfokuskan pada penelitian dan pengembangan teknologi.

minggu kemarin saya mendapatkan Informasi dari salah satu teman di maling list tetangqatar yang berisi tentang informasi penerimaan beasiswa di KAUST, kemudian saya telusuri kebenaran informasi tersebut dengan mengunjungi website resmi KAUST ( www.kaust..edu.sa) setelah saya baca websitenya ternyata benar KAUST menyediakan beasiswa untuk program S2 dan S3 atau program doctor.

Persyaratan beasiswa tersebut ialah bahwa calon mahasiswa harus menyelesaikan S1 terlebih dahahu di universitas negeri atau swasta di Indonesia dengan nilai IPK minimal 3,5 dan nilai rata-ratanya sekitar 3,7-40 dan score TOEPL minimal 79 dari IBT (Internet Based Test) atau 6,0 dari IELTS ( International English Language Testing System) dan hasil ujian TOEFL nya sekitar 4107.

KAUST sendiri menyediakan sekitar 300 mahasiswa setiap tahunnya dan 10%nya di sediakan untuk kuota dari Indonesia itu artinya setiap tahun KAUST menerima 30 calon mahasiswa indonesia untuk belajar di KAUST.

Kenapa saya bermimpi untuk bisa belajar di KAUST ?

King Abdullah University Science and Technology adalah Universitas dengan peralatan ter lengkap dan tercanggih yang ada di dunia, Universitas ini juga menyediakan housing gratis untuk mahasiswanya dan juga tunjangan setiap bulannya kepada masing-masing mahasiswa itu artinya selain kita menimba ilmu kita juga di gaji oleh KAUST.
yang paling utama adalah lokasi KAUST yang sangat dekat dengan kota mekkah dan madinah, itu artinya saya lebih bisa mendekatkan diri kepada Allah, selain belajar saya juga bisa sholat di masjidil haram dan masjid nabawi,melaksanakan umrah dan juga haji, dan menjalin ukhuwah dengan jutaan saudara muslim dari berbagai penjuru dunia.

Hal-hal yang harus saya pesiapkan untuk menuju KAUST !

Persyaratan S1 dan juga nilai IPK dan TOEPL yang begitu tinggi merupakan hal yang tidak mudah untuk saya, mengingat sampai artikel ini di tulispun saya belum memulai kuliah untuk mengambil S1 apalagi bisa mengapplay pendaftaran ke KAUST.
akan tetapi itu bukanlah hal yang mustahil untuk saya, karena harapan itu masih ada selagi kita berusaha kita pasti bisa, yang saya perlu persiapkan sekarang adalah melanjutkan kuliah sampai ke jenjang S1, belajar lebih giat agar mendapatkan nilai yang memuaskan sehingga mencapai syarat dan ketentuan, berdoa, berusaha dan bertawaqal karena tawaqal adalah hakikat keinginan.

Bidang yang saya akan ambil !

Saya sangat tertarik dengan Chemical Enginering di mana bidang ini sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia.
Semoga Allah SWT memudahkan apa yang saya cita-citakan dan apa yang saya impikan, hidup adalah sebuah perjuangan dan perjuangan adalah sebuah hidup, yang terbaik menurut kita belum tentu terbaik menurut Allah begitupun sebaliknya buruk menurut kita belum tentu buruk menurut Allah....
jadi mari berusaha setelah itu serahkan semua hanya kepada_Nya !!



3 comments:

  1. mantap mas..moga tercapai mimpinya..

    ReplyDelete
  2. sering sering main ke web kami di www.kaustina.org

    ReplyDelete