Thursday, June 21, 2012

Apa Motivasi Anda Kuliah ?

Succes Student
Tidak henti-hentinya saya membahas motivasi, karena apa?? karena motivasi adalah bahan bakar kesukesesan. seperti halnya para mahasiswa, mereka kuliah karena memang ingin menjadikan hidupnya sukses bukan ?... nah sekarang pertanyaannya, apa sih motivasi anda kuliah ?

Pernah suatu hari saya bertanya kepada rekan sekelas saya, katakanlah namanya Andy,, "Andy apa motivasi anda kuliah?" terus dia menjawab "Aku sih kuliah karena tuntutan orang tua, mereka mendesaku untuk kuliah padahal aku sendiri pengennya kerja dulu nyari pengalaman". jawabannya andy ini sungguh mengingatkan saya dulu ketika sewaktu masa SMA saya di tanya oleh seorang teman, "Ang setelah lulus dari sekolah ini, kamu mau lanjut kuliah kemana?' sejenak saya bingung, entah jawabaan apa yang kira-kira pantas saya keluarkan, karena memang dalam hati jujur ingin melanjutkan kuliah, tapi bila melihat keadaan ekonomi keluarga rasanya itu tidak mungkin, maka serentak saja jawab " saya akan kerja dulu mencari pengalaman kalau ada kesempatan kuliah, kemungkinan saya kuliah sambil kerja".

Apa yang dialami  Andy dengan saya memang bertolak belakang, Andy ingin bekerja namun orangtuanya mendesaknya untuk kuliah tapi saya sebaliknya ingin kuliah tapi keadaan orangtua yang tidak memungkinkan, kemudian saya pun bekerja, mengumpulkan rupiah demi rupiah demi tercapainya apa yang saya inginkan. dan singkat cerita, alhamdulillah setelah kurang lebih 3 tahun saya bekerja sekarang saya dapat merasakan bangku kuliah. kenapa ini bisa terjadi, karena sejak lulus SMA dulu saya sudah mengazamkan dalam diri saya suatu saat saya pun bisa kuliah seperti orang kebanyakan, dan kini saya mersakan motivasi yang sangat luar biasa.

Namun apa yang terjadi sama Andy, karena keterpakasaan akhirnya dia kuliah pun ogah-ogahan, sering sekali tidak mengikuti mata kuliah, bahkan terkadang tugaspun ia abaikan. dia lebih suka bermain dan sibuk dengan pergaulan bebasnya yang tidak bermanfaat. Dia tidak memiliki motivasi sebagai bahan bakar kesukesannya padahal dari segi materi dia termasuk orang yang beruntung karena memilki orang tua yang mensupport nya secara moral maupun financial. 

Disini kita dapat mengambil pelajaran bahwa, motivasi untuk mencapai kesuksesan itu tertanam dari diri sendiri bukan dari orang lain bahkan keluarga terdekat sekalipun. dan terkadang motivasi itu terlahir dari keadaan yang kurang menguntungkan. seperti halnya kita di kejar anjing, mau kaki kita sedang sakit sekalipun pasti kita akan memaksakan diri untuk berlari, karena kalau kita hanya diama saja maka kita akan celaka dan binasa.

Sekali lagi,,,apa motivasi anda untuk kuliah ??

0 comments:

Post a Comment