Thursday, June 19, 2014

Karya Ekonom muslim yang dicuri Ekonom Barat masa lalu

Pada abad ke-11 dan ke-12, sejumlah pemikir barat seperti Constantine the African, Adelard Of bath melakukan perjalanan ke timur tengah. Mereka belajar bahasa arab dan melakukan studi serta membawa ilmu-ilmu baru ke eropa. Contohnya, Leonardo Fibbonaci atau Leonardo Of Pisa belajar di Bouqie, Al-jazair pada abad ke-12. Ia juga belajar aritmatika dan matematika Al-Khwarizmi (780-850M) dan sekembalinya dari sana ia menulis buku Liber Abaci pada 1202. Raymond Lily (1223-1315) yang telah melakukan perjalanan ke negara-negara arab mendirikan lima universitas yang mengajarkan bahasa arab sehingga banyak yang kemudian menterjemahkan karya-karya ekonom muslim. Diantara penerjemah tersebut adalah Adelalard Of bath, Constantine the African, Michael Scot, Hermaan the German, Dominic Gundislavi, John Of Seville, Plato Of Tivoli, William Of Luna, Robert Chester, Gerard Of Cremona, Teodorus Of Antioch, Alfred Of sareshel, Berenger Of Valencia, dan Mathew Of Aquasparta.

Sementara itu, diantara para penerjemah Yahudi adalah Jacob of anatolio, Jacob ben matcher Ibn Tibbon, Kalanymus ben kalonymus, Moses ben Solomon of solon, Shem-tob ben Isac of Tortusa, Solomon Ibn Ayyub, Todros Todrosi, Zerahian Gracian, Farej Ben salem, dan Yaqub ben Abbon Marie. Adapun karya-karya ekonom muslim yang diterkemahkan adalah Al-Kindi, Al-Farabi, Ibnu Sina, Al-Gahazali, Ibnu Rusyid, Al-Khawarizmi, Ibnu Haytam, Ibnu Hazm, jabir Ibnu Hayyan, Ibnu Bajja, Ar-RAzi.

Beberapa Pemikir Ekonom Muslim yang dicuri tanpa pernah disebut sumber kutipannya antara lain :

  • Teori Pareto Optimum diambil dari kitab Nahjul Balaghah Imam Ali.
  • Bar Hebraeus, pendeta Syriac Jacobite Chruch, menyalin beberapa bab Ihya Ulumuddin Al Gahazali.
  • Gresham-law dan Oresme Treatise dari kitab Ibnu Taimiyah.
  • Pendeta gereja Spanyol Ordo Dominican Raymond Martini menyalin banyak bab dari Tahafut Al-Falasifa, Maqasid al-falasifa, Al-munqid, Misykat al-anwar, dan ihya nya Al-Gazali.
  • St. Thomas menyalin banyak bab dari Al-Farabi (St.Thomas yang banyak belajar di Ordo Dominican mempelajari ide-ide Al-Ghazali dari Bar Herbeus da Martini).
  • Bapak ekonom barat, Adam Smith (1776 M) dengan bukunya The Wealth Of Nations diduga banyak mendapat inspirasi dari buku Al-amwal-nya abu Ubayid (838 M) yang dalam bahasa inggrisnya adalah persis judul bukunya Adam Smith The Wealth.
itulah karangan-karangan hasil pemikiran ekonom muslim yang dicuri oleh para ekonom barat, yang selanjutnya berkembang di kalangan masyarakat dunia sebagai hasil pemikiran ekonom barat.

Sumber : Buku "Ekonomi Mikro Islami" Ir. Adiwarman A.Karim.

0 comments:

Post a Comment