Wednesday, June 25, 2014

Menjadi Seorang Ahli

Mengasah kemampuan dalam bidang tertentu adalah kebiasaan seorang ahli, seseorang bisa dikatakan ahli karena ia menguasai suatu bidang melebihi kemampuan orang lain. semisal ahli photografi, dikatakan demikian karena ia menguasi photografi. menjadi seorang ahli lebih menjurus kepada profesi dan hal ini tentunya dapat berdampak pada rezeki yang akan kita peroleh. jadi bila ingin rezeki kita lebih baik maka jadilah seorang ahli dibidang yang memungkinkan lebih banyak mengundang rezeki. contohnya seorang pengusaha sukses karena ia ahli dibidang usaha, mampu memenej usahanya, dan terus berinovasi dalam mengembangkan usahanya.

Untuk menjadi seorang ahli kita harus konsisten dalam bidang ilmu yang kita minati, kita harus fokus. ingin menjadi ahli ekonomi maka kita harus fokus mempelajari bidang ekonomi, ingin menjadi ahli hukum maka kitapun harus fokus mempelajari ilmu hukum, apapun keahlian yang ingin kita kuasai maka kita harus fokus terhadapnya.

Ada cara bagaimana kita menjadi seorang ahli, dan cara ini tentunya sudah dilakakukan oleh orang-orang yang sukses dibidangnya masing-masing. Diantara cara itu adalah :

pertama, Belajar. sudah disinggung sebelumnya bahwa seorang ahli dibidang tertentu karena ia fokus dalam mempelajari bidang ilmu yang diminatinya. dalam mempelajari suatu bidang kita juga harus disiplin, baik disiplin waktu maupun energi yang kita berikan. poriskan waktu dan energi lebih banyak, orang yang menghabiskan minimal delapan jam untuk mengusai bidang ilmu yang ia minati maka dalam waktu 2-3 tahun ia akan menjadi seorang ahli. 

Kedua, Berkomunikasi. seorang ahli dibidang musik berkomunikasi melalui lagu dan syair-syair yang ia ciptakan. orang yang fokus dalam bidang tertentu maka yang sering ia bicarakan adalah terkait bidang ilmu yang ia kuasai, seorang ahli ekonomi akan sering membericarakan seputar ekonomi ketimbang bicara masalah hukum. Dengan sering berkomunikasi terkait bidang ilmu yang kita minati maka secara tidak sadar itu akan terus mengasah kemampuan kita. seorang pesepak bola yang berhasil adalah ia yang setiap hari berinteraksi dan berkomunikasi dengan bola. maka sering-seringlah berdiskusi, bertanya pada forum-forum resmi seperti seminar, simposium, dan lain-lain.

ketiga, Menulis. Seseorang tidak bisa dikatakan ahli jika ia belum memiliki karya yang berupa buku atau jurnal-jurnal yang terbit di surat kabar atau majalah. orang yang ahli dibidang tertentu biasanya ia akan dikenal melalui tulisan yang ia buat yang ketika orang membaca dapat terinspirasi oleh tulisan yang di buatnya. dengan tulisan juga ia akan lebih panjang untuk di kenal, karena umur boleh saja terbatas tapi karya yang baik akan di kenang sepanjang masa. maka jika ingin menjadi seorang ahli sering-sering lah menulis sesuai bidang ilmu yang kita minati.

Kesimpulannya adalah menjadi ahli hanyalah tergantung dari sebuah kemauan yang kuat. jika motivasi sudah melekat pada diri kita maka halangan seberat apapun akan kita hadapai dengan semangat yang tak kan pernah sirna. Menjadi seoran ahli dibidang tertentu kemudian hal itu bermanfaat untuk orang lain maka inilah bekal yang akan kita bawa ke akhirat kelak. maka jadilah seorang ahli (profesional).

0 comments:

Post a Comment