Monday, November 30, 2015

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Harfa (Harafan Dhuafa) merupakan lembaga non profit yang berkonsentrai pada pemberdayaan kaum dhuafa sejak tahun 2004 melalui pengelolaan jakat, infaq, shodaqoh, wakaf, hibah dan dana sosial lainnya. NGO ini  kegiatan utamanya adalah pemberdayaan masyarakat yang berfokus pada kesehatan lingkungan. Harfa memiliki program Environment Service Programe (ESP) dimana program ini bertujuan untuk memberdayakan lingkungan agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat, Salah satu program ESP adalah CLTS yaitu Community Led Total Sanitation atau dalah bahasa Inodonesia bisa disebut dengan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STMB) program ini adalah pendampingan bagi desa binaan harfa dimana tujuannya agar masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan. salah satu permasalahan lingkungan yang paling krusial di masyarakat adalah Buang Air Besar (BAB) disembarang tempat seperti di kebun, di pekarangan, di sawah dan ditempat lain yang semestinya tidak layak untuk dijadikan buang hajat. melalui CLTS ini harfa berusaha untuk mengaadvokasi masyarakat untuk sadar membuat jamban agar kebersihan lingkungan di masyarakat bisa meningkat. sudah sepuluh tahun lamanya harfa mendampingi masyarakat agar terciptanya hidup bersih dan sehat. selama sepuluh tahun itu pula sudah banyak hasil dan prestasi yang di ukir oleh harfa terkait kebersihan lingkungan. sudah banyak desa binaan harfa yang terbebas dari wabah penyakit seperti diare, campak, gatal-gatal dan penyakit lain akibat prilaku lingkungan yang buruk. Dalam hal ini Harfa tidak sendiri melakukan programnya di masyarakat, akan tetapi harfa di sponsori oleh lembaga donatur yang cukup besar milik pemerintah Australia yaitu Australian Aid dan Caritas Australia, dua lembaga ini yang bersinergi dengan harfa untuk melakukan pendampingan di masyarakat agar terciptanya masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Diantara program ESP yang dilakukan harfa adalah :

1. CLTS (Community Led Total Sanitation)

Program ini bertujuan untuk mengadvokasi masyarakat agar sadar membuat jamban, program ini adalah program utama harfa karena kebersihan lingkungan dengan tidak ada lagi masyarakat yang BAB disembarang tempat merupakan tolak ukur keberhasilan harfa.

2. KKMBP (Kelompok Koperasi Berbasis Perempuan)

Program ini bertujuan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat khususnya ibu-ibu, dimana perempuan biasanya memilki integritas yang tinggi dibanding laki-laki dalam hal mengelola keuangan. program ini diperuntukan bagi ibu-ibu yang memiliki profesi sebagai pedagang di desanya untuk dapat membantu permodalan serta jaringan agar tercipta perekonomian masyarakat yang mandiri.

3. Kelompok Ternak Domba

Program ini diberikan kepada masyarakat yang sudah 100% memiliki jamban, tapi memiliki kondisi ekonomi yang masih lemah oleh karena itu harfa memberikan reward kepada masyarakat berupa ternak domba agar masyarakat memiliki penghasilan tambahan dari hasil ternak domba tersebut.

4. SAB (Sarana Air Bersih)

Program ini diberikan juga kepada masyarakat yang sudah 100% memiliki jamban baik cubluk maupun wc permanen. akan masyarakatnya masih memiliki kesulitan untuk mendapatkan air bersih, oleh karena itu dibuatlah sarana air bersih untuk menunjang kebutuhan masyarakt tersebut. Dalam program SAB ini masyarakat melakukan pendampingan pengelolaan SAB dengan konsisten agar masyarakat bisa merawat dan menggunakan SAB tersebut dengan baik.

5. Program Penanaman Pohon Umur Panjang (PPUP)

Pogram ini diperuntkan bagi masyarakat yang memiliki tempat tinggal dengan kontur tanah yang labil selain itu mereka telah memiliki jamban, karena dengan penanaman pohon umur panjang tanah yang labil tersebut dapat di tahan oleh akar pohon yang tumbuh.

6. Program penanaman pemanfaatan lahan pekarangan (PPLP)

Program ini diberikan kepada masyarakat yang telah memiliki jaban dan memilki lingkungan pekarangan yang belum termanfaatkan secara maksimal.

7. Promosi kesehatan di majlis ta'lim dan posyandu

program ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada ibu-ibu dan masyarakat yang hadir di majlis ta'lim dan posyandu terkait akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan bagaimana menjaga giji keluarga arar badan meraka tetap sehat dan bugar. 

dan banyak lagi program harafa yang lain seperti promosi kesehatan di sekolah, dan pemberdayaan pekarangan sekolah agar tercipta sekolah yang hijau dan sehat.

0 comments:

Post a Comment