Wednesday, April 13, 2011

Marifatullah (Mengenal Allah)

Marifatullah adalah bagaimana kita mengetahui bahwa Allah itu benar-benar wujud (ada) yaitu dengan cara sbb :

1. Mengenal Allah melalui Wujudul Alam
 
 Yaitu dengan cara melihat alam di sekitar kita, adanya bumi yang terhampar luas, langit yang membentang, gunung-gunung yang menjulang tinggi, lautan dengan samudra yang terhampar serta berbagai jenis mahluk hidup yang ada di muka bumi. Tentu itu semua ada yang menciptakannya yaitu Allah SWT.

2. Mengenal Allah melalui Akal.

Yaitu dengan memikirkan tentang kejadian alam, adanya langit dan bumi, ada tata surya dan galaksi lain yang semuanya teratur dengan rapi sesuai dengan orbit nya masing-masing. Tentunya alam semesta ini akan kacau balau kalau memang tidak ada yang mengaturnya. Dan tentunya yang mengatur semua ini adalah Allah.
sebagai mana firman Allah :
"(Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) 'ya tuhan kami tidaklah engkau menciptakan semua ini sia-sia, Maha suci Engkau lindungi lah kami dari azab neraka'." (QS Ali-Imran :191)

dalam surat lain Allah SWT menegaskan :
"Maka tidak pernahkah mereka berjalan di bumi, sehingga hati (akal) mereka dapat memahami, telinga mereka dapat mendengar? sebenarnya bukan mata itu yang buta tetapi yang buta adalah hati yang di dalam dada". (QS Al-Hajj : 46)

evaluasi pembentukan manusia :
  • Akal, dengan akal manusia bisa berpikir sehingga bisa mengemban tugasnya sebagai khalifah di muka bumi.
  • Ruh, Manusia tanpa ruh bagai jasad tanpa nyawa artinya tidak akan bisa bergerak dan menjalankan aktivitasnya dan tugas nya sebagai manusia.
  • jasad, adalah wujud artinya bisa terlihat jelas oleh panca indra mata, jasad manusia adalah bentuk yang di ciptakan Allah dengan rancangan yang sempurna.
3. Mengenal Allah melalui Al-Qur'an

Al-Qur'an adalah kalam Illahi yang tunjukan kepada nabi Muhammad Saw, melalui malaikat Zibril. Diturunkan secara bertahap selama kurang lebih 23 tahun. Al-Qur'an di turunkan oleh Allah adalah untuk mengatur kehidupan manusia, selain itu Al-Qur'an juga berfungsi untuk menunjukan kebesaran Allah SWT.
bukti bahwa Al-Qur'an itu adalah datangnya dari Allah SWT, maka Allah SWT sendiri pun menegaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 23, yaitu :
"Dan jika kamu meragukan Al-Qur'an yang kami turunkan kepada hamba kami (Muhammad), maka buatlah satu surat semisal dengannya dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar." (QS Al-Baqarah : 23)

Diantara ketinggian dan kebesaran Al-Quran ialah :
  1. Al-Qur'an mampu menyajikan sejarah masa lampau yang tidak terdeteksi oleh ilmu arkeologi atau ilmu sejarah lainnya.
  2. Al-Qur'an mampu memperlihatkan sesuatu yang belum terjadi, contohnya dalam surat An-Nahl ayat 112 : "Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman dan tenteram, rezeki datang padanya dari segenap tempat, tetapi penduduknya mengingkari nikmat-nikmat Allah karena itu Allah menimpakan kepada mereka bencana kelaparan dan ketakutan disebabkan apa yang mereka perbuat. 
  3. Al-Quran mampu menyajikan sifat yang logis atau ilmiah. contohnya dalam surat Al-Muminuun ayat 12, yang berbunyi : " Dan sungguh kami telah menciptakan manusia dari saripati berasal dari tanah".
  4. Al-Qur'an mampu memberikan solusi hukum yang besifat mutlak. contoh dalam hukum Qisas, hukum jual beli, hukum muwaris, dan lain-lain.
4. Mengenal Allah melalui Asma Allah, yaitu nama-nama Allah yang di sebut Asmaul Husna.

Demikian definisi Marifatullah yang saya dapatkan dari sang Murabbi saya Ustadz Wahid Rahman, Semoga bermanfaat !

0 comments:

Post a Comment