Tuesday, April 16, 2013

Arti Sebuah Nilai Diri

Kenapa ada orang sukses dan ada orang gagal?
Kenapa ada orang kaya dan ada orang miskin?
kenapa ada orang besar dan ada orang kecil?
Kenapa ada orang yang terhormat dan ada orang terhina?

Dan pastinya ada orang yang masuk surga dan ada orang yang masuk neraka.
Semuanya ditentukan oleh sebuah nilai diri.

orang sukses dan orang gagal yang membedakan diantara keduanya adalah perjuangan untuk meraih apa yang mereka inginkan. kesuksesan adalah buah dari jerih payah, kegagalan adalah buah dari kemalasan. karena pada hakekatnya tidak ada orang gagal yang ada hanyalah orang yang berhenti mencoba.

Orang kaya dan orang miskin yang membedakan diantara keduanya adalah kegigihan dan pengetahuan untuk mendapatkan apa yang disebut dengan nilai sebuah kekayaan. serta tekad dan sikap untuk merubah kehidupan. tiadalah sesorang mencapai keberhasialan melainkan apa yang telah ia upayakan. karena Allah tidak akan merubah nasib seseorang kecuali ia sendiri yang mau merubahnya.

Orang besar dan orang kecil yang membedakan diantara keduanya adalah karya, orang-orang besar senantiasa berupaya untuk membaut sebuah karya yang memeberi manfaat kepada alam semesta. karena orang dinilai dari karyanya bukan dari berapa lama ia hidup. orang yang penuh dengan karya namanya akan abadi walau jasadnya sudah tak bernyawa lagi.

Orang yang terhormat dan orang yang tehina yang membedakan diantara keduanya adalah sikap, akhlak dan prilaku. orang terhormat memebrikan banyak manfaat, sikapnya bermartabat, prilaku yang memikat serta akhlak yang indah. orang terhina karena tindakan yang dilakukan tidak sesuai dengan norma dan jauh dari akhlak yang mulia. untuk menjadi manusia yang terhormat di hadapan_Nya dan di hadapana manusia kuncinya adalah menjadi prilaku yang anggun, baik kepada sesama, dan menebar manfaat yang tak terhingga.

Dan pastinya ada orang yang masuk surga dan masuk neraka yang membedakan diantara keduanya adalah nilai dari sebuah kehidupan yang telah diarunginya apakan bermuara pada kebaikan atau keburukan. baik tentunya surga yang ia dapat, buruk pastilah neraka tempat kediaman terakhirnya. sebuah nilai itu didapat dari prilaku, ketaatan, amalan, manfaat dan kebaikan yang diberikan.

Jadi arti sebuah nilai diri itu terkandung dari seberapa gigih perjuangan untuk mencapai kesusksesan, seberapa besar tekad untuk merubah hidup menuju kesejahteraan, seberapa banyak karya untuk menebar manfaat, seberapa indah akhlak yang di pancarkan, dan seberapa banyak amalan baik yang telah di lakukan.

jadilah teladan dalam kehidupan dengan menjadikan pribadi yang memiliki nilai diri yang tinggi.

0 comments:

Post a Comment