Monday, September 16, 2013

Budgeting


seperti mobil misalnya, mobil bisa menjadi barang yang sangat kita butuhkan tapi bisa juga mobil adalah barang yang sia-sia yang sangat menguras keuangan kita. mobil bisa di katakan barang yang sangat kita butuhkan jikalau penggunaannya sangat produktif tanpa adanya mobil kita tidak dapat melanjutkan usaha dan mencari sumber penghasilan lainnya. sedangkan mobil yang sia-sia ketika keberadaannya tidak terlalu dibutuhkan dan dibeli dengan kredit maka sadar ataupun tidak hal ini benar-benar menguras keuangan kita, karena mobil seperti ini tidak bisa membayar dirinya sendiri. alhasil semua pembayarannya di tanggung oleh hasil pekerjaan kita.

belum lagi barang-barang lain yang sering banyak memberikan diskon. terkadang ketidak sengajaan kita dan tanpa perencanaan kita memebeli barang tersebut, hasilnya keuangan kita keluar pada post yang tanpa kita rencanakan sebelumnya. jangan heran kalau kita setiap bulannya tidak bisa menabung ya karena kebiasan yang seperti ini yang jadi penyebabnya, jadi mulailah dari sekarang hapus dan tinggalkan jauh-jauh kebiasaan tersebut.

post keuangan yang perlu kita segerakan adalah :

1. sedekah

utamakan sedekah, karena ini yang akan membuat hidup kita penuh berkah. sedekah itu menerima bukan memberi, sedekah akan melipatgandakan harta kita. karena efeknya yang luar biasa bagi keberlangsungan kesejahteran kita maka sedekah adalah hal yang utama. berapapun sedekahnya usahakan lebih dari 10 % dari penghasilan kita, lebih banyak lebih bagus karena itu lebih mengayakan.

2. menabung

biaskan menabung minimal 20 % dari penghasilan, ini untuk berjaga-jaga apabila di suatu hari ada hal-hal yang tidak kita inginkan dan diluar dari perkiraan kita. menabung juga bisa kita alokasi dalam pembelian produk-produk investasi, seperti emas,properti, saham, dll. dan juga asuransi.

3. kebutuhan pokok / pribadi

keluarkan secukupnya, jangan melebihi dari dosis yang di anggarkan. untuk memenuhi kebutuhan pokok ambil jangan sampai melebihi angka 50 % dari pendaptan kita. sesuaikan pengeluaran kebutuhan pokok dengan pendapatan yang kita hasilkan.

4. kebutuhan primer dan tersier

baru deh sisa dari anggaran yang sudah kita keluarkan untuk sedekah, menabung dan kebtuhan pokok kita gunakan untuk barang-barang primer seperti pakaian, hp, gadget, dll. dan kebutuhan barang primer seperti mobil, rumah, dll.

Catatan; dalam hal sedekah dan menabung itulah yang akan melipatgandakan pendapatan kita, sehingga dengan demikian kita pun akan meningkatkan tarap kehidupan kita.

0 comments:

Post a Comment