Tuesday, September 17, 2013

Paham Financial

Setiap manusia bekerja demi bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Manusia adalah mahluk cipataan Allah yang tentunya Allahpun sudah menyiapkan ilmu sudah menyiapkan aturannya. dan semua aturan itu ada dalam islam sebagai agama rahmatan lil alamin, sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia. islam mengaunjarkan umatnya untuk kaya, karena apa ? karena muslim yang kuat dari segi financial itu lebih Allah cintai dari pada muslim yang lemah financialnya. lho ko financial,? kita tahu bahwa dakwah itu tentunya di tunjang dengan jiwa dan harta dan hatra itu sendiri adalah financial. tentunya kita wajib untuk mencarinya.

maka dari itu untuk mendapatkan financial yang mapan, kita harus tahu ilmunya, kita harus tahu cara, dengan apa :

1. Berdagang

islam menganjurkan kita untuk berdangan, sebagai mana yang telah kita ketahui RAsulullah Saw, sang teladan kita adalah seorang pedagang. beliau adalah pengusaha sukses pada jamannya, namun setelah di angakt Allah menjadi nabi dan rasul. RAsulullah lebih memilih untuk hidup sederhana karena semua harta kekayaannya ia relakan untuk dakwah, ia guanakan untuk islam. begitupun para sahabat kita ketahui seorang sahabat yang kaya raya pada waktu itu adalah Abdurahman bin Auf, dengan profesinya sebagai pedangan, Abdurahman Bin Auf menjadi sodagar kaya raya yang membela isalam dengan hartanya dan juga membela islam dengan jiwanya. nenek moyang kita pun dahulu yang menyebarkan islam di tanah air ini adalah para pedagang, mereka berdagang sambil berdakwah menyebarkan islam. ingat 9 dari 10 pintu rezeki adalah dari perdagangan.

2. Investasi

Investasi adalah cara kita menjadi harta yang kita miliki memiliki nilai tambah, artinya investasi adalah ilmu untuk menjadikan harta kita lebih produktif, dimana kita bisa hidup tanpa kita harus bersusah payah untuk bekerja dan membanting tulang, cukuplah aset yang kita miliki yang bekerja mencari uang untuk kita. investasi bisa dilakukan dengan cara membeli properti kemudian menyewakannya atau mengkostkannya. bisa juga dengan memberikan modal pada orang lain dengan perolehan bagi hasil yang akan kita dapatkan. atau investasi pada bursa saham dimana memang ini resikonya lebih besar tapi keuntungannya pun jauh akan lebih besar. tapi ingat lebih berkah jika kita investasi saham pada saham yang bersifat syar'i atau di kelola secara syariah.

3. emas

kita tahu harga emas semakin hari semakin meningkat, emas adalah barang mewah yang harga nya tidak akan pernah turun kenaikannya selalu konstan. tapi tidak memungkinkan juga harga emas untuk turun tapi itu sangat jarang terjadi. andaikan saja harga emas kali ini per gramnya mencapai angka 450rb dua bulan kemudian menjadi 500rb, jika kita memilki 1 kg emas berarti dalam jangka waktu 2 bulan saja kita sudah untuk 1000 x 50.000 = 50jt. subhanallah berarti per bulan kita punya penghasilan 25jt dari 1 kg emas yang kita miliki.

4. sedekah

sedekah membuat hidup menjadi berkah. tidak akan miskin orang yang bersedekah, justru hartanya akan bertambah dan terus bertambah. karena janji Allah untuk orang yang rajin sedekah adalah pahalanya akan di balas 10 x lipat, 100 x lipat, 700 x lipat bahkan 1000 x lipat.

5. menabung

menabung adalah cara terakhir untuk kita bebas secara financial untuk kita menjadi kaya. tapi menabung membutuhkan waktu yang lama, terlebih jita uang yang kita tabungkan jumlahnya sedikit. menabung manfaatnya akan kita rasakan di masa depan, karena tabungan yang kita miliki bisa sangat bermanfaat untuk kita membuka usaha atau untuk investasi dan juga untuk bersedekah. namun manabung tetap harus menjadi prioritas terakhir. apabila punya uang segara lah untuk sedekah, kemudia investasi baru deh nabung.

sekian penjelasan bagaimana agar kita faham financial, agar kita keluar dari zona kemiskinan, ingat sekali lagi muslim yang kuat lebih di cintai Allah daripada muslim yang lemah. jadi kuatkanlah diri kita baik dari segi jasadiah, ruhiah dan ma'aliah. 

0 comments:

Post a Comment