Friday, September 20, 2013

Spiritulaity Business

"Sesungguhnya perkara yang halal itu sudah jelas dan perkara yang haram juga sudah jelas, Di antara keduanya adalah hal-hal yang meragukan (sybhat), yang tidak diketahui oleh kebanyakan manusia. Barangsiapa bisa menjaga dirinya dari hal-hal yang subhat itu, berarti ia telah memelihara agama dan kehormatannya. sementara barang siapa yang terjatuh kedalam hal yang subhat, berarti dia telah terjatuh kedalam hal-hal yang haram, sebagaimana seorang penggembala disekitar daerah terlarang, dimana dikhawatirkan hewan gembalanya merumput ke daerah terlarang itu. ketahuilah bahwa setiap penguasa memiliki wilayah terlarang, dan wilayah terlarang Allah adalah hal-hal yang telah di haramkan." (HR. Muttafaqun 'alaih)

Subhanallah, sungguh jelas apa-apa yang telah di bolehkan oleh Allah dan apa-apa yang di larang oleh Allah. Setiap perkara yang di larang tentunya akan berbuah kegagalan dan hukuman. untuk itu kita selaku umat manusia yang memiliki pikiran tentunya kita bisa memilah dan memilih mana perkara yang dibolehkan dan mana perkara yang dilarang.

Begitupun dalam berbisnis, demi keuntungan yang besar kita sering kali melupakan perkara-perkara yang susuai dengan aturan dan ketentuan, demi mendapatkan tender seorang pengusaha rela menyogok, demi keuntungan yang besar seorang pedagang tela membohongi konsumen, dan banyak lagi kasus yang menyipang dalam perdagangan.

Tentunya itu semua akan berimbas pada diri orang itu sendiri, seorang pengusaha yang suka menyogok pejabat demi kemudahan dan keuntungan biasanya akan berujung pada penjara. seseuatu yang dimulai dari hal yang tidak baik maka ujungnyapun akan tidak baik.

untuk menghindari hal itu tentunya seorang pengusaha hendaknya meningkatkan spiritualitas dan keimanannya. berbinis dengan berlandaskan spiritualitas maka praktek-preaktek yang tidak sesuai dengan ketentuan syariat akan terhindar. karena tentunya seorang pengusaha lebih memilih keberkahan ketimbangan keuntungan yang besar. untung kalau tidak berkah ujungnya akan menjadi musibah, sedikit untung tapi halal dan berkah hatipun akan tenang, lebih baik jikalau kita berbisnis mendapat untung banyak dan berkah maka semuanya akan menjadi indah.

berikut ini 7 cara memperkuat Insting Bisnis Berbasis Spiritual 

1. Tegakan Shalat 5 waktu tanpa cela
2. Hiasi Sahalt 5 waktu dengan shalat sunnah  qabla dan ba'da
3. Lengkapi Do'a dengan Amaul Husna
4. Biasakan Bangun tengah malam dan sahalat Tahajud
5. Berani berinfak dan bersedekah setiap hari.
6. Biasakan bersaum pada senin dan kamis
7. Biasakan shalat dhuha setelah fajar menyingsing.

Semoga kita menjadi pebisnis dan pengusaha yang menjungjung tinggi nilai-nilai spiriualitas sehingga bisnis yang kita jalani akan mendapat keberkahan dan kemudahan serta berakhir dengan keindahan.

0 comments:

Post a Comment