Thursday, September 19, 2013

Koperasi Mahasiswa dan Pendidikan Ekonomi Bangsa

Keberadaan Koperasi di Indonesia menjadikan negera ini tetap kokoh dan tidak terguncang krisis Ekonomi dunia. Koperasi merupakan salah satu model ekonomi yang berpihak pada rakyat kecil karena dengan koperasi pemerataan ekonomi dapat di lakukan dengan sistematis dan terukur.

Cita-Cita luhur pejuang kooperasi Indonesia mendambakan "koperasi Menjadi Soko Guru Perekonomian Bangsa" sesuai amanah pasal 33 ayat (1) UUD 1945. dimana dalam isinya menyebutkan "perekonomian disusun atas usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan". Selanjutnya dalam UUD No. 12 tahun 1992 tentang perkoperasian, yang intinya koperasi sangat penting di dalam pembangunan ekonomi bangsa. peran koperasi dalam perekonomian di Indonesia paling tidak bisa dilihat dari kedudukannya sebagai pemain utama dalam ekonomi di berbagi sektor, penyediaan lapangan kerja terbesar. sektor koperasi dan UMKM mampu menyerap setidaknya 99 % lapangan kerja.

Prof.Dr.Ir.H Abdul Hakim Halim, M.Si Dalam sebuah seminar sehari yang di selenggarakan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) Wilayah IV Jabar-Banten. mengatakan Indonesia berada dalam posisi 16 besar Ekonomi Dunia dan pada tahun 2030 akan menjadi 6 besar ekonomi dunia, tentunya ini dilandasi dengan bertambahnya kelas konsumen hingga mencapai 90 juta jiwa.

ini merupakan peluang pasar yang sangat besar sehingga timbul pertanyaan produk apa yang meraka butuhkan ?, Siapa yang menyediakannya ?, dan dengan cara apa pendistribusiannya ?. Indonesia memiliki produktivitas yang masih sangat rendah di bawah negeri tetangga Malaysia, tingkat produktivitas Indonesia adalah 45 % jauh 60 % dari Malaysia. untuk menjawab tantangan ini maka pendidikan kewirausahaan adalah hal yang mutlak untuk di tingkatkan.

Keberadaan Koperasi Mahasiswa merupakan salah satu solusi untuk menjawab tantangan ini, dimana kampus adalah sebagai basis intelektual dan pokok utama sumber daya manusia suatu bangsa. sehingga kampus dapat di jadikan platform Wirausaha muda. Kopma merupakan pendidikan Ekonomi Bangsa, sehingga di harapakan dari Kopma akan lahir generasi-generasi Ekonomi yang dapat meningkatkan taraf kehidupan bangsa dengan basis perekonomian yang kuat.

Ekonomi berbasis koperasi adalah alternatif dan kampus adalah tempat yang paling efektif. sehingga mahasiswa memiliki tanggung jawab besar selaku masyarakat intelektual untuk mensejahterakan kehidupan berbangsa dan bernegara.








0 comments:

Post a Comment