Tuesday, March 18, 2014

Globalisasi Memang harus di hadapi

Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia diseluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit (wikipedia).

Dalam sebuah sistem ekonomi kapitalis Globalisasi merupakan terbosan baru dimana antar negara bisa saling bekerjasama untuk meningkatkan kualitas produk maupun jasa yang dihasilkan oleh masing-masing negara. Dampak Globalisasi untuk negara maju sangatlah menguntungkan, karena negara maju sudah memiliki Sumber Daya Manusia yang kompeten disertai dengan teknologi yang modern. sedangkan untuk negera berkembang seperti Indonesia Globalisasi merupakan suatu ancaman dimana kekayaan yang dimiliki oleh negara tersebut bisa dikuasi oleh negara lain, bagi negara berkembang globalisasi bisa jadi pemicu untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan teknologi yang dimiliki.

Pada jaman Rasulullah Saw, perdagangan bebas sudah terjadi. sejak itu nabi bebas melakukan perdagangan ke luar negeri seperti syam (Syiria), Damaskus (Irak) bahkan sampai ke daratan negeri cina. para sahabatpun demikian. kita tahu bahwa islam tersebar di indonesia itu berkat para pedagang arab yang singggah di indonesia kemudian mereka berbisnis sekaligus menyebarkan islam di negeri ini. tentunya itu semua merupakan jejak-jejak peradaban dimana manusia dari negara apapun, dari suku manapun bebas melakukan aktivitas perdagangan di negara lain yang dapat di kunjunginya.

Namun Globalisasi yang terjadi sekarang ini sudah sangat diluar kendali, dulu perdagangan bebas memang terjadi tapi tidak sampai kepada penguasaan kekayaan dan perampasan hak-hak negara lain. dalam prespektif ilmu ekonomi islam kekayaan negara seperti hasil pertambangan, kehutanan, pertanian yang sifatnya dapat menghidupi hajat hidup orang banyak wajib dikuasai oleh negara, bukan dikuasi korporasi asing seperti apa yang terjadi pada saat ini.

Newmont, Freeport, Exxon dan korporasi asing lainnya secara leluasa menguasai hasil bumi Indonesia. namun apa yang di dapatkan oleh Indonesia tidak sebanding dengan apa yang di dapatkan oleh mereka. ketimpangan ini lah yang menjadikan Globalisasi sekarang ini amatlah merugikan bagi Indonesia.

Perkembangan jaman meharuskan negara-negara memimiliki sistem ekonomi yang kuat agar terproteksi dari pengaruh globalisasi ekonomi yang bisa menjadikan masyarakat dari suatu negara tersebut menjadi buruh atau budak dinegerinya sendiri. karena pada arus globalisasi seperti sekarang ini memungkinkan terjadinya arus uang, barang dan orang bersaing dengan sangat ketat.

Tanpa adanya suber daya manusia yang mampu bersaing, maka sangat sulit bagi indonesia untuk menghadip persaingan dengan negara lain. padahal indoneisa dari segi demografi sangatlah di untungkan. dengan penduduk lebih dari 200 juta jiwa pasar Indonesia sangatlah potensial. maka tidak heran jikalau para konglomerasi asing berbondong-bondong datang ke indonesia, karena mereka ingin mengecap manisnya madu di negeri ini.





0 comments:

Post a Comment