Friday, February 6, 2015

Membangun Keluarga Bahagia

Setiap orang tentunya ingin memiliki keluarga bahagia, keluarga yang harmonis, dan keluarga yang sejahtera. akan tetapi tidak sedikit keluarga yang merasakan keluarganya seperti neraka dan musibah bagi para anggotanya, tentunya kita tidak ingin mengalami hal itu. bagaimanakah agar kita memiliki keluarga yang bahagia, harmonis, dan sejahtera sesuai dengan tuntunan Rasulullah Saw ; berikut hal-hal yang perlu kita lakukan dan kita persiapkan selaku kepala keluarga :

1. Pesiapan yang matang

Membina rumah tangga tentunya bukan seperti kita membeli peralatan rumah yang sekali pakai lalu habis. memulai hidup berumah tangga adalah babak baru kehidupan yang akan kita jalani, sampai akhir hayat kita, untuk menjadikan keluarga dan rumah tangga yang bahagia, sebelum menikah kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. apa saja yang perlu kita persiapkan ?? pertama, kita harus mempersipakan ilmu berumah tangga dan ilmu agama, dengan kita mengetahui ilmu berumah tangga dengan baik, kita akan senantiasa tegar ketika ada rintangan yang menghalangi perjalanan rumah tangga kita, dengan menguasai ilmu agama rumah tangga akan terasa tenang dan damai karena kita tahu dan paham tuntunan yang telah di berikan oleh Rasulullah dalam membina rumah tangga yang baik. 

kedua, kita harus mempersiapkan financial. financial atau keuangan biasanya menjadi penyebab utama adanya perselisihan antar anggota keluarga karena hak-hak dan kebutuhan meraka tidak terpenuhi. untuk menjadi kepala keluarga yang baik tentunya kita juga harus bisa mempersiapkan bekal rumah tangga kita dengan financial yang mencukupi segala keperluannya. tentunya financial atau keuangan bisa kita raih dengan cara bekerja atau berwirausaha, saya sarankan untuk mulailah berwirausaha karena walaupun wirausaha tidak berpenghasilan tetap tapi akan tetap berpenghasilan dan jika kita pintar memanfaatkan situasi dan memenejnya, wirausaha justru akan menjadi jalan kita untuk memiliki financial yang serba berkecukupan.

ketiga, jagalah kesehatan. kesehatan merupakan faktor yang juga sangat penting untuk kita perhatikan. jangan sampai salah satu anggota keluarga kita sakit berkepanjangan, karena itu akan menajadi beban bagi rumah tangga kita. cara menjaga kesehatan adalah dengan olah raga yang teratur, makan makanan yang sehat dan bergiji, dan rajin untuk mengecek kesehatan.

keempat, Qonaah atau mensyuri apa yang ada, kelaurga yang rajin bersyukur akan senantiasa di hiasi kebahagiaan karena apapun rezeki yang Allah berikan mereka syukuri, ingat dengan bersyukur Allah akan menambah nikmat-Nya kepada kita.

2. Maknai arti dan tujuanberkeluarga

Memaknai arti sebuah pernikahan bahwa ia diciptakan untuk melengkapi hidup kita dan untuk memberikan ketenangan batin kepada kita. keluarga adalah sebagai pelindung, tempat berbagai kebahagiaan maupun keluh kesah. keluarga yang dilandasi dengan iman kepada Allah sang pemilik kehidupan tentunya akan membawa kita pada kebahagiaan dan rasa syukur yang tak terhingga karena sudah diberikan keluarga sebagai tempat berlindung kita.

3. Ciptakanlah kasih sayang

Bermesraanlah dengan istri, bercandalah dengan anak-anak, dan bahagiakanlah kedua orang tua dan mertua kita jika mereka masih ada bersama kita. dengan demikian keluarga akan terasa bagaikan surga.

itulah tips membangun keluarga yang bahagian, semoga kita yang belum menikah akan segera dipertemukan oleh Allah dengan pasangan hidup yang Sholeh dan Shoehah sehingga terbentuk keluarga yang sakinah, mawadah wa Rahmah.. Aamiin :-)


0 comments:

Post a Comment