Friday, January 24, 2014

Mimpiku di QFIS

Beberapa tahun yang lalu, saya pernah membuat artikel tentang Mimpiku di KAUST. akan tetapi seiring berjalannya waktu, rasanya cita-cita untuk bisa study di KAUST peluangnya cukup kecil itu di karenakan KAUST adalah kampus yang hanya menyediakan beasiswa untuk Science dan Teknologi. tidak ada program ilmu sosial, ekonomi apalagi politik. tadinya saya berniat untuk mengambil Chemical Engineering akan tetapi karena jurusan S1 yang saya ambil sekarang adalah di bidang ekonomi jadi mau gak mau sayapun harus berpindah haluan, harus mencari Universitas lain yang menyediakan beasiswa full di bidang ilmu ekonomi, khususanya yang saya minati sekarang adalah ilmu ekonomi islam (Islamic Finance).

Maka beberapa alternatif kampus pun saya cari. saya percaya dengan hukum pareto, dimana apabila kita berusaha lebih banyak maka peluangnya pun akan banyak. saya mencari beberapa kampus alternatif yang menyediakan beasiswa full tetapi masih berdomosili di sekitar timur tengah, kenapa timur tengah karena saya ingin dekat dengan kota mekkah dan madinah yang dimana setiap saat kita bisa melaksanakan ibadah umrah maupun haji. tapi karena hukum pareto tadi maka sayapun mencoba untuk mengajukan beasiswa ke berbagai perguruan tinggi yang ada di dunia.

perguruan tinggi yang paling saya minati sekarang adalah QFIS (Qatar Faculty Of Islamic Study).

 Kenapa QFIS ??

QFIS adalah Universitas yang berlokasi di Qatar, Universitas ini bisa di sebut juga dengan Hamad Bin Khalifa Al-Thani University merupakan member dari Qatar Poundation. QFIS memiliki gedung yang cukup megah telatak di jantung ibukota Qatar yaitu Doha. kehidupan disana sangat bersih,nyaman dan aman. Harmonisasi antara penduduk lokal dan pendatang sangat terjalin dengan baik.

QFIS juga memiliki Fasilitas yang mempuni dengan gedung yang sangat megah. itu artinya kalau kita bisa study di sini maka kualitas pembelajaran kita akan semakin meningkat. didukung lagi dengan berbagai fasilitas yang semuanya disediakan gratis khusus untuk mahasiswa QFIS.

Selain menyediakan full beasiswa QFIS juga memberikan uang saku untuk mahasiswanya. jadi kita tidak usah khawatir kita tidak pegang uang, karena sudah disiapkan uang jajan.. hehehe~

Apa yang harus saya siapkan untuk bisa study di QFIS ??

Hal-hal yang harus saya siapakan tentunya adalah dokumen-dokumen sebagai persyaratan mendapatkan beasiswa di QFIS. diantaranya Transkrip nilai akademik S1 dengan nilai IPK minimal 3,7. hasil Test TOEFL dengan skor minimal 560 atau IELTS dengan skor minimal 6,5. serta membuat paper atau essay yang berisi motivasi, rencana penilitian, serta rencana masa depan kita apabila sudah lulus dari QFIS. semua itu tentunya bukan hal yang cukup mudah, tapi setidaknya saya masih memiliki kesempatan untuk mempersiapkan semua itu. yang penting kita mau berusaha selebihnya Allahlah yang akan menentukan, tapi saya yakin saya bisa walaupun kampus tempat saya menempuh S1 bukanlah kampus yang bonafit dengan akreditasi yang tinggi melainkan kampus yang lokasinya ada di kampung dengan akreditasi yang pas-pasan dan termasuk swasta pula, tapi itu semua tidak akan menyurutkan saya untuk bisa study S2 di QFIS.

Rencana lain bila gagal mendapat beasiswa di QFIS..

dalam perencanaan kehidupan tentunya kita harus memiliki beberapa rencana terdiri dari plan A, Plan B, Plan C bahkan mungkin sampai Plan Z. itu semua agar ketika kita mengalamai kegagalan maka kita tidak akan larut dalam kekecewaan akan tetapi kita langsung action ke rencana selanjutnya. Plan A saya memang orientasi terbesarnya bisa lanjut S2 di QFIS, tapi jika itu gagal maka saya sudah memiliki rencana lain. dalam plan A saya memasukan 10 Universitas yang menyediakan beasiswa di bidang ekonomi islam (Islamic Finance). diantarnay ada QFIS, IIU Malaysia, IIU Islamabad pakistan, NUS singapura, NTU singapura, UNISSA Brunei Darussalam, Shanghai Jiao Tong University Cina, Koc University Turki, Sabanci University Turki, dan Universitas yang ada di eropa atau Australia.

Plan B, saya berencana lanjut S2 di MBA (Master Of Bussines Administration) dimana banyak sekali kampus terkemuka diluar negeri yang menawarkan beasiswa ini. saya berharap dari banyak kampus yang saya minati ada salah satu kampus yang mau menerima. Aamiin~

Tidak ada nilai dari sebuah keberhasilan melainkan kita mau bergerak dan berusaha untuk meraihnya. kadang apa yang kita pikirkan jauh diatas kemungkinan baik yang akan terjadi itu artinya kadang pemikiran kitalah yang memabatasi action kita padalah kita jauh lebih mampu dan jauh lebih siap untuk meriah apa yang kita cita-cita dan kita impikan. apapun yang terjadi dalam hidup kita memang semua tidak terlepas dari takdir-Nya.

tapi kita juga harus berupaya dan berusaha agar takdir baik senantiasa mengahapiri kita. caranya yang berusaha dan berdoa, kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha. akan tetapi jika semua upaya telah kita lakukan dan hasilnya tetap belum sesuai dengan apa yang kita harapkan maka bersabarlah, karena yang terbaik menurut kita belum tentu terbaik menurut-Nya.

begitu sebaliknya buruk menurut kita belum tentu buruk menurut Allah Swt. Semoga apa yang saya cita-cita dan semoga apa yang saya impikan dapat tercapai dan terlaksana. cita-cita saya adalah mejadi ahli di bidang ekonomi, dan juga pengusaha sukses. seperti inspiring people yang buku-bukunya selalu saya baca, kak Muhammad Assad dengan Note From Qatar nya yang sangat menginspirasi...

itulah catatan saya tentang mimpi dan cita-cita saya, sekali lagi saya hanya bisa berusaha dan berdoa selebihnya Allah lah yang menentukan. "

 "Fadiza Azzamta Fa Tawakal Allahu"~




5 comments:

  1. subhannallah baru baca.
    insya allah mabruk akh.....

    ReplyDelete
  2. Aamiin akh... ayo bermimpi... rencanakanlah hidup ini..

    ReplyDelete
  3. makasi akhi infonya...
    oiya ane maw nanya info seputar tunjangan beasiswanya QFIS..
    brpa uang saku yg kita dpat perbulan..?
    dan total pertahunnya?
    gmna biaya hidup di sana..?
    apa uang saku perbulan bisa menutupi biaya hidup kita..?

    kemudian, bagaimna jika kita mmbawa keluarga...?
    saya merencanakan, untuk mengikut sertakan suami saya, Insya Allah...

    ReplyDelete
  4. aslmkum..ustdz aang kunaepi,,ana mau bertanya apa bapak lulusan QFIS qatar pak..ana berniat tuk melanjutkan study ana di qatar,,tapi ana butuh info untuk mendapatkan beasiswa ke sana,,ana sudah cari2 info di internet,,tapi ana tetap belum menenukan jawaban yang pas..ana harap ustdz bisa membantu ana dalam hal ini,,jazakallah stadz..bisa di infokan lewat no hp 082384248249...

    ReplyDelete
  5. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ماشاء الله رائع جدا
    postingannya benar2 bermanfaat sekali
    saya mau tanya, sebelumnya perkenalkan dulu, nama saya setia budi haryoto, dr pekalongan jateng,
    saya lulusan tarbiyah sangat ingin sekali melanjutkan ke QFIS jurusan islamic economy, sebenarnya saya punya basic syariah jg dan aktiv berbahasa arab kerna masuk mahad selama 6th, tapi titlenya di tarbiyah, apakah mungkin bisa masuk,ketika membaca artikel antum bener2 membuat saya semangat kembali yg sebelumnya redup.dan apa saja yg perlu dipersiapkan.
    جزاك الله خيرا كثيرا
    و أحسن الله اليك كما أحسنت إلي

    ReplyDelete