Saturday, June 29, 2013

Mau Kaya, Atur Keuangan Anda~

Mengatur keuangan Pribadi atau keluarga itu sebuah keharusan. Mengapa memangnya? Jelas, dengan mengatur keuangan kita akan membuka pintu kekayaan di waktu mendatang. Cara mengatur keuangan akan menjadi rumit ketika hal tersebut tidak dibiasakan sejak kita masih usia dini. 

 Seperti kita ketahui, sebagian besar dari kita, kurang bisa menahan diri ketika tahu ada uang di dalam genggaman. Memang tak ada yang melarang kita untuk menggunakan uang tersebut, toh uang itu juga hasil kerja keras yang kita lakukan. Tapi kita juga memahami bahwa manusia tidak akan selamanya berada dalam kemakmuran, suatu saat pasti akan menghadapi masa sulit yang membutuhkan dukungan finansial. 

Agar kita bisa mengatur keuangan dengan efektif maka penting sekali punya kebiasaan menahan diri dari keinginan yang tidak terlalu penting. Saat uang ada digenggaman, ada kecendrungan ingin segera menghabiskannya. Padahal tindakan demikian akan berakibat buruk dan bisa menyeret kita pada masalah hutang. 

 Pada awalnya mungkin hanya meminjam uang dalam jumlah kecil, tapi karena hutang ini tidak segera diatasi maka lama kelamaan akan menjadi besar dan menimbulkan masalah yang lebih pelik lagi. Saat uang telah datang, pastikan kita langsung menyisihkan dalam bentuk tabungan. Berapapun gaji anda,penghasilan kita, uang saku kita. ambillah 20 persen darinya untuk ditabung. 

Lalu perkuat sisi sosial dan spiritual anda dengan menyisihkan minimal 5 persen untuk menolong yatim piatu, panti jompo atau badan amal lainnya. Dengan cara demikian, ketika kita mengalami kesempitan maka akan selalu punya cadangan uang untuk mempertahankan hidup. Amal anda asal ikhlas, akan diganti oleh Allah SWT dengan jumlah yang lebih banyak lagi, 10 kai lipat, 100 kali lipat bahkan ribuan kali lipat.

0 comments:

Post a Comment