Friday, July 26, 2013

7 Rahasia Pelajar Sukses

1.Tata Niat 

Belajar itu bisa jadi sangat sulit dan sangat mudah itu semua tergantung niat (dalam film 3 idiot), anda memilih sebuah lembaga pendidikan yang akan mengembangkan pada kwalitas dan minat diri anda. Jadi ketika anda memilih suatu instasi pendidikan yang sesuai dengan karakter diri anda, saya rasa anda akan bermain-main dalam proses belajar dan ini juga berlaku sebaliknya. so kenali diri, jangan salah pilih.. masa depan anda ada dalam pilihan anda.

2. Percaya Diri 

Kita harus mengakui bahwa kebanyakan orang yang jadi juara dikelas memilki keberanian yang lebih ketimbang anak-anak yang dibawah rata-rata, entah itu salah atau benar. Hal ini yang melatar belakangi seorang pelajar dapat memperoleh prestasi yang lebih dalam kelas. Ingat pepatah lama "Kalau kita saja tidak percaya diri sendiri, Apalagi Tuhan..?" So JIKA ORANG LAIN BISA , MUNGKIN KITA JUGA BISA ! HANYA MASALAH WAKTU ! 

3. Mengulang-Ulang 

Jika anda termasuk dalam kategori anak yang tidak encer solusi pertama adalah coba lagi dan lagi (Thomas alva Edison), Ingat anda sebenarnya bisa mencapai sebuah prestasi seperti teman anda yang pandai. Tapi ibarat teman anda adalah motor anda adalah sepedah, maka dari itu jangan menyerah terus mengulan-ulang materi yang telah diajarkan. Dan ketika anda sampai pada titik tujuan anda, semua yang anda lakukan hanyalah permainan belaka. 

4. Belajar Sampai Mati 

Dalam Hadist dijelaskan bahwa manusia disuruh menuntut ilmu dari sejak kandungan ibu sampai ke alam kubur. So jika anda menetapkan sistem kebut semalam ketika ada ujian, kemungkinan besar anda akan gagal. Walaupun anda berhasil mungkin hanya saat itu (persolalan itu saja) yang dapat anda pecahkan, sedangkan masalah yang lain mencakup bidang yang anda tekuni akan terbengkalai. Belajar bukan hanya soal hasil, Tapi belajar adalah proses tercapainya tujuan dari pembelajaran setelah proses belajar itu selesai. Dengan maksud anda sebagai pelajar mampu menyelesaikan persoalan-persoalan yang lebih komplek dalam dunia nyata. Maka dari itu belajar sampai mati akan memberikan anda keiklasan dalam proses belajar, sedangkan nilai atau hasil akhir dari ujian adalah sebuah bonus bagi anda. 

5. Konsisten 

Tahukah anda siapa Baharudin Jusuf Habibie, ya dialah jenius indonesia abad 21 yang mampu membuat pesawat terbang dan menerbangkan pesawat tersebut pertama kali didunia secara live dilihat seluruh penjuru dunia pada stasiun-stasiun telivisi. Yang pada saat itu belum ada ahli dirgantara yang mempublikasikan peluncuran pesawat langsung kepada publik karena itu merupakan kwalitas harga diri seorang engineer dipertaruhkan. Beliau eyang Habibi berpesan pada cucunya pemuda indonesia, untuk selalu konsisten dalam menekuni bidang disiplin ilmu yang anda pelajari. Karena dengan konsisten anda bisa seperti saya, ujar BJ. Habibie 

6. Strategi 

Dalam sebuah peperangan adanya strategi sangat berperan penting untuk menentukan sipa pemenang dan yang kalah. Disini perang kita bisa analogikan denga sebuah peperangan, ibarat seorang prajurit yang akan melaksanakan perang (ujian) anda harus punya strategi belajar yang sesuai dengan kemampuan anda. Jangan contoh gaya belajar teman anda karena kemampuan fisik, tenaga, dan pikiran teman anda berbeda dengan kemampuan anda. Hanya anda yang tahu batas kemapuan fisik, tenga, dan pikiran anda dalam memahami sesuatu. Jika anda belum menukan gaya belajar yang anda sukai, temukan samapai anda menukanya. Setelah anda menemukanya semuanya akan terlihat mudah (Stive Jobs) 

7. Belajar Mulai Hari Pertama 

Semua materi pembelajaran didesain untuk diselesaikan pada waktu yang telah ditentukan pada saat semester itu. Jadi jika anda mengalami kegagalan dalam suatu mata pelajaran ataupun materi kuliah, ada masalah dengan diri anda. 

 Karena kebanyakan siswa dan mahasiswa hanya belajar pada saat besok ada ujian saja, sedangkan materi yang diajarkan di berikan selama kurang lebih satu semester yang biasanya memkan waktu 4,5 bulan dan dipelajari hanya dalam satu malam. 

Jangan mau kalah dengan masalah, jangan mau kalah dengan keadaan. jika kita percaya bisa maka kita pun akan bisa. sukses tinggal menunggu waktu !!

0 comments:

Post a Comment