Wednesday, July 3, 2013

Ramadhan dan Pengusaha.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang di tunggu-tunggu umat Muslim. di bulan ini semua pintu keberkahan terbuka, Ramadahan adalah bulan panen spiritual, emosional dan financial. Ramadhan juga adalah bulan ujian, bulan pembakaran Dosa-dosa yang pernah kita lakukan. di bulan ini semua manusia senang, bersuka cita, dan bergembira.

tiadalah yg bisa menggembirakan hati para muslim selain kedtangan bulan Ramadhan. salah satunya bagi pengusaha Ramadhan merupakan bulan panen, bagaimana tidak di bulan puasa omset penjualan meningkat hingga ratusan persen, luar biasa. contohnya saja bisa kita lihat di tayangan iklan televisi di mana biasanya kehadiran ikan syrup dan sarung menandakan akan segera hadirnya bulan Ramadhan. Ramadhan merupakan bulan berkah bagi para pengusaha makanan dan minuman dan juga kebutuhan akan pakaian.. bukan itu saja jasa komunikasipun meningkat drastis. tak ayal di bulan Ramadhan ini transaksi perekonomian begitu meningkat pesat.

Apa yang harus di persiapan bagi para pengusaha pemula ?

bagi orang yang sudah lama berwirausaha tentunya sudah memiliki trik tersendiri untuk menghadapi bulan Ramadhan. namun berbeda dengan pengusaha pemula yang sebelummnya belum pernah menghadapi bulan RAmadhan. belajar dari pengalaman tahun lalu, dimana itu adalah tahun ke-2 saya berwirausaha di bulan Ramadahan, rata-rata peningkatan penjualan meningkat hingga 100% namun karena tidak adanya kesiapan maka peluang pasar dan permintaan yang begitu tinggi pun tidak bisa terpenuhi, alhasil semua omset yang di dapatkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

jadi kuncinya bagi pengusaha pemula untuk menghadpai Ramadhan, segera stock barang dagangan anda sebanyak mungkin, apalagi kalau barang dagangan anda berhubungan dengan makanan yang berhubungan dengan ta'jil atau makanan pembuka puasa seperti es campur, sop buah, jus, dan makanan pembuka lainnya. sebelum menyipakan stock yang cukup, yakin kan tempat lokasi usaha anda adalah di tempat setrategis. bisaanya di tempat orang-orang transit, atau di pinggir jalan yang setrategis.

karena tempat pada bulan ramadhan merupkan golden ratio bagi perusahaan anda selain dari rasa makannya itu sendiri. untuk pengusaha yang bergerak di bidang pashion, biasanya permintaan akan meningkat menjelang pertengahan ramadhan, pandi-pandailah memilih produk yang sedang diminati sekarang ini, kemudian perbesar wilayah promosi, seperti menggunakan internet, berjualan di pinggir jalan, dll tentunya dengan harga yang sedikit murah dari pengusaha yang lain, maka saya jamin usaha pashion anda akan laris manis di bulan ramadhan ini.

tidak semua pengusaha kecipratan berkah Ramadhan, untuk itu menjelang ramadahan ini segera innovasi produk, yakinkan produk itu adalah salah satu produk yang di butuhkan pada saat bulan Ramadhan. tentunya produk tersebut masih berkaitan dengan jenis usaha yang sedang di jalankan. agar lebih mudah dalam pengelolaan.

jadi kesempatan yang begitu besar di bulan RAmadhan ini, akan sangat bernilai lebih apabila memprsiapkannya dari sekarang. stock barang dagangan, dan gunakan setrtategi pemasaran yang jitu. jika itu bisa niscaya kita akan berhasil, karena permintaan di bulan Ramadhan ini sungguh luar bisa.

eits, tentunya bukan hanya persiapan usaha yang mesti kita lakukan, tapi persiapan ruhani dan jasmnai kita pun patut kita persiapan. agar di bulan Ramadhan ini kita bisa menjadi insan yang beruntung dari segi financial dan juga beruntung dari segi spiritual.

~Marhaban Yaa Ramadhan~


0 comments:

Post a Comment